25 Januari 2014

Document Office 2010 Rusak Ketika Dibuka Pada Office 2007

Kini alat yang namanya komputer pasti tidak asing lagi bagi kita bukan ? Malahan akrab dan tak jarang pula banyak orang yang merasa resah apabila sehari saja tidak membuka komputer. Bagi pengguna sistem operasi Windows banyak yang sudah familiar dengan fitur-fitur yang ditawarkan. Karena windows sendiri menawarkan salah satu keunggulannya, yaitu user friendly.

Broken File Microsoft Office Word

Salah satu program bawaan yang banyak digunakan adalah Microsoft Office yang didalamnya terdapat Word, Excel, dan Power Point yang sering digunakan. Versi dari Office tersebut sudah banyak, antara lain Microsoft Office 2007, Microsoft Office 2010, dan Microsoft Office 2013 yang sekarang masih banyak peminatnya.

Nah, karena berbeda versi, hasil file yang dihasilkan pun berbeda. Kalau untuk Microsoft Office Word 2007 file berekstensi *.doc, sementara untuk Microsoft Office Word 2010 dan Microsoft Office Word 2013 berekstensi *.docx. Biasanya masalah yang muncul adalah ketika kita membuat document pada Word 2010 lalu kita membuka file tersebut pada Word 2007, spasi hilang semua (semua tulisan gandeng). Namun jika sebaliknya tidak ada masalah.

Baca juga : File is Too Large For The Destination File System

Hal ini dikarenakan ekstensi *.docx pengompressan file lebih padat dibanding *.doc, oleh sebab itu spasi hilang. Jika diibaratkan, Word 2007 adalah kelas berkapasitas 20 orang, sementara Word 2010 adalah kelas berkapasitas 30 orang dengan luas ruang yang sama. Secara logika jika 30 orang masuk ke kelas kapasitas 20 orang pasti tidak muat, maka file tersebut hilang spasinya.

Bagaimana cara mengatasi Microsoft Office Word yang hilang spasinya ketika dibuka pada Microsoft Office Word 2007 ? Untuk mengatasi pertanyaan semacam ini ada saran yaitu setiap kali membuat document pada Microsoft Office 2010 maupun Microsoft Office 2013 ketika akan menyimpan file pada Save as type pilih Word 97 – 2003 Document. Kalau terlanjur file tersebut sudah dibuka pada Microsoft Office 2007 maka file sudah rusak, rusak dalam artian tidak bisa diperbaiki. Jadi kita harus secara manual untuk memberi spasi, karena belum ada solusi.

Jika ada cara yang ampuh mohon untuk berbagi ilmu dengan saya, hehe.

Isikan komentar Anda dengan bijak.