14 Juli 2014

Hikmah dan Keutamaan Sholat Tarawih

Tak terasa bulan Ramadhan telah memasuki hari ke 17 pada malam nanti, yang bertepatan dengan Nuzulul Qur'an atau Hari Turunnya Al-Qur'an. Tak lupa juga saya ucapkan :
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1435 Hijriah bagi yang menjalankan dan semoga semua amal ibadah kita di bulan Ramadhan ini diterima oleh Allah, amiin.

Ayo Tarawih

Dalam bulan Ramadhan terdapat amalan atau sholat sunah yang dilakukan pada waktu malam hari setelah sholat Isya' (antara setelah Isya' dan sebelum Subuh) yang disebut dengan Sholat Tarawih. Sholat tarawih ini ada yang melaksanakan 20 raka'at ada juga yang 8 raka'at baik secara berjama'ah maupun sendiri (munfarid).

Sholat tarawih ini meskipun amalan sunah tapi ternyata memiliki keutamaan-keutamaan. Saya mengambil catatan ini pada buku Panduan Kegiatan Ramadhan (tidak ada penerbitnya) sewaktu saya masih berada di kelas XI SMKN 3 Boyolangu Tulungagung. Hikmah dan keutamaan sholat tarawih itu sangat besar serta tiap-tiap malam di bulan Ramadhan memiliki keistimewaan sendiri-sendiri, yaitu :
  1. Keutamaan malam pertama
    Sahabat Ali bin Abi Thalib r.a berkata : "Nabi Saw pernah ditanya orang tentang keutamaan sholat tarawih di malam Ramadhan. Lalu beliau menjawab : Seorang mu'min (yang melakukan sholat tarawih di bulan Ramadhan) keluar dari dosa-dosanya pada permulaan malam (Ramadhan itu) seperti pada hari ketika ia dilahirkan oleh ibunya."
  2. Keutamaan malam kedua
    Pada malam kedua, dosanya dan dosa ibu bapaknya diampuni, kalau keduanya mu'min.
  3. Keutamaan malam ketiga
    Pada malam ketiga, malaikat yang berada di bawah Arsy berseru :"Tingkatkanlah amal ! Allah akan mengampuni dosa-dosamu yang telah lalu."
  4. Keutamaan malam keempat
    Pada malam keempat, disediakan baginya pahala.
  5. Keutamaan malam kelima
    Pada malam kelima, Allah Ta'ala memberi kepadanya pahala seperti orang yang sholat di masjidil Haram, masjidil Madinah, dan masjidil Aqhsa.
  6. Keutamaan malam keenam
    Pada malam keenam, Allah Ta'ala memberi kepadanya pahala seperti pahala orang yang thawaf di Baitul Makmur, dan setiap batu-batuan dan pasir memohonkan ampun buatnya (bagi orang yang tarawih).
  7. Keutamaan malam ketujuh
    Pada malam ketujuh, seolah-olah ia mendapatkan pahala Namu Musa a.s dan membantunya membantunya menghadapi Fir'aun dan Haman.
  8. Keutamaan malam kedelapan
    Pada malam kedelapan, Allah Ta'ala mengaruniakan kepadanya pahala seperti yang dikaruniakan-Nya kepada Nabi Ibrahim a.s.
  9. Keutamaan malam kesembilan
    Pada malam kesembilan, seolah-olah ia telah beribadah kepada Allah Ta'ala seperti ibdahnya Nabi Muhammad Saw.
  10. Keutamaan malam kesepuluh
    Pada malam kesepuluh, Allah Ta'ala karuniakan kepadanya kebajikan dunia dan akhirat.
  11. Keutamaan malam kesebelas
    Pada malam kesebelas, ia keluar dari dunia seperti hari ketika ia dilahirkan oleh ibunya.
  12. Keutamaan malam kedua belas
    Pada malam kedua belas, ia datang di hari kiamat kelak dengan muka bersinar laksana purnama.
  13. Keutamaan malam ketiga belas
    Pada malam ketiga belas, ia datang di hari kiamat kelak dalam keadaan aman dari segala keburukan.
  14. Keutamaan malam keempat belas
    Pada malam keempat belas, datang para malaikat menjadi saksi baginya bahwa ia benar-benar telah melaksanakan sholat tarawih, maka karena itu ia tidak akan dihisab pada hari kiamat kelak.
  15. Keutamaan malam kelima belas
    Pada malam kelima belas, para malaikat, malaikat penyangga Arsy dan kursi, semuanya mendo'akannya (bagi orang yang tarawih).
  16. Keutamaan malam keenam belas
    Pada malam keenam belas, Allah mencatatkan baginya kelepasan dan kebebasan memasuki surga.
  17. Keutamaan malam ketujuh belas
    Pada malam ketujuh belas, ia diberi pahala seperti pahala para Nabi.
  18. Keutamaan malam kedelapan belas
    Pada malam kedelapan belas, salah satu malaikat menyerukan kepadanya : "Wahai hamba Allah, sesungguhnya Allah benar-benar telah meridhoi kamu dan kedua orang tuamu."
  19. Keutamaan malam kesembilan belas
    Pada malam kesembilan belas, Allah mengangkat derajat di dalam surga Firdaus.
  20. Keutamaan malam keduapuluh
    Pada malam keduapuluh, ia diberi pahala para syuhada' dan shalihin.
  21. Keutamaan malam keduapuluh satu
    Pada malam keduapuluh satu, Allah membangunkan baginya sebuah mahligai di dalam surga, yang terbuat dari cahaya.
  22. Keutamaan malam keduapuluh dua
    Pada malam keduapuluh dua, ia datang di hari kiamat kelak dalam keadaan aman dari rasa susah dan cemas.
  23. Keutamaan malam keduapuluh tiga
    Pada malam keduapuluh tiga, Allah dirikan baginya sebuah kota di dalam surga.
  24. Keutamaan malam keduapuluh empat
    Pada malam keduapuluh empat, diadakan baginya dua puluh empat do'a mustajab.
  25. Keutamaan malam keduapuluh lima
    Pada malam keduapuluh lima, Allah Ta'ala singkirkan siksa kubur darinya.
  26. Keutamaan malam keduapuluh enam
    Pada malam keduapuluh enam, Allah Ta'ala tingkatkan pahalanya, seperti pahala selama sempat puluh tahun.
  27. Keutamaan malam keduapuluh tujuh
    Pada malam keduapuluh tujuh, ia pada hari kiamat kelak akan melintasi titian mustaqim bagaikan kilat yang memancar.
  28. Keutamaan malam keduapuluh delapan
    Pada malam keduapuluh delapan, Allah meninggikan derajatnya di dalam surga setinggi seribu derajat.
  29. Keutamaan malam keduapuluh sembilan
    Pada malam keduapuluh sembilan, Allah memberikan kepadanya pahala seribu haji yang mabrur.
  30. Keutamaan malam ketigapuluh
    Pada malam ketigapuluh, Allah Ta'ala berfirman kepadanya : "Wahai hamba-Ku, makanlah dari buah-buahan surga, mandilah dari air salsabil, dan minumlah dari telaga kautsar. Aku Tuhanmu dan engkau hamba-Ku."
Subhanallah, demikian hikmah dan keutamaan sholat tarawih, apabila ada kesalahan tentang informasi tersebut mohon dikoreksi. Semoga kita senantiasa mendapat berkah dalam bulan ramadhan ini dan nantinya benar-benar fitrah pada Hari Raya Idul Fitri. Semoga bermanfaat.

Bonus
Tidak di sana, tidak di sini sama saja.
Semakin hari, sholat tarawih semakin bertambah.
Bertambah maju shaf-nya.

6 komentar

wah... ternyata setiap harinya memiliki keutamaan tersendiri yia bos.... sungguh luar biasa sekali sholat tarawih ini, sayang banget kalau sehari aja nggak menjalankannya yia bos....

semoga dengan mengetahui keutamaan sholat tarawih ini, tarawihnya jadi makin bersemangat... aamin :)

Bener mas, tapi sholatnya juga harus khusyuk tentunya ;)

Semoga saja mas, biasanya sih memang malas musuh utamanya :D hehe

semoga saja bisa sampe 30 hari tanpa absen... amien

Aamiin ya rabbal alamiin :) semoga lancar kegiatan mendulang pahala di bulan Ramadhan tahun ini ;)

Isikan komentar Anda dengan bijak.