27 September 2014

Microsoft Excel 2010 dan 2013 Tidak Mendukung Fungsi Rank

Semenjak saya memakai Windows 8.1 maka microsoft office yang saya gunakan adalah Microsoft Office Professional Plus 2013, karena tampilan yang sesuai dan cocok. Cocok karena tampilan office ini adalah Metro UI yang sama dengan Windows 8 maupun Windows 8.1 Mungkin karena memang disesuaikan dengan versi windows terbaru yang membawa tampilan baru pula yang lebih enak untuk dipandang.

Microsoft Office 2013 ini menurut saya agak berat jika digunakan untuk bekerja lama, atau entah itu akibat spek komputer saya yang tergolong rendah. Namun untuk tampilan menu lebih mudah dipahami dan lebih praktis untuk digunakan.

Microsoft Office Excel

Tetapi ada sedikit kekecewaan pada versi kali ini, yaitu pada Microsoft Excel kita tidak bisa menggunakan fungsi rank. Fungsi rank ini digunakan untuk merangking suatu nilai, misal untuk rangking kelas. Nah, saya mengetahui kekurangan ini karena ketika saya membutuhkan fungsi ini pada Microsoft Excel terdapat tulisan seperti di bawah.

This function is available for compability with Excel 2007 and earlier.
Returns the rank of a number in a list of numbers: its size relative to other values in the list.

Karena saya terkadang juga membutuhkan fungsi rank ini, maka saya putuskan untuk berpindah ke Microsoft Office Professional Plus 2010. Namun ternyata Microsoft Office 2010 ini sama saja dengan Microsoft Office 2013, dimana Microsoft Excel-nya juga tidak mendukung fungsi rank. Jadi solusinya adalah menggunakan Microsoft Office Professional Plus 2007. Namun jika ingin tetap bertahan Anda bisa langsung menginstall Office 2007 tadi, jadi microsoft office pada komputer Anda ada dua versi.


Update

Setelah ada informasi dari seorang pengunjung pada kolom komentar saya baru teringat dan langsung mencobanya, ternyata untuk menggunakan fungsi RANK diperlukan bentuk rumus seperti gambar di bawah ini.

Microsoft Office Excel

Tambahkan tanda $ untuk mengapit agar data yang akan dirangking bisa terkunci, klik sebelah huruf kemudian tekan tombol F4 pada keyboard sehingga menjadi =RANK(C4,$C$4:$C$13)

Baca juga : File is Too Large For The Destination File System

2 komentar

membuat ranking excel mudah ya
artikel nya sangat bermanfaat
terima kasih

Wah ternyata saya yang lupa, hehehe
Terima kasih sudah mengingatkan :)

Isikan komentar Anda dengan bijak.