23 Januari 2016

IoT Geek Surabaya Meet Up

Internet of Things, atau dikenal juga dengan singkatan IoT, merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Adapun kemampuan seperti berbagi data, remote control, dan sebagainya, termasuk juga pada benda di dunia nyata. Contohnya bahan pangan, elektronik, koleksi, peralatan apa saja, termasuk benda hidup yang semuanya tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor yang tertanam dan selalu aktif.

IoT Geek Surabaya

Pada dasarnya, Internet of Things mengacu pada benda yang dapat diidentifikasikan secara unik sebagai representasi virtual dalam struktur berbasis internet. Istilah Internet of Things awalnya disarankan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 dan mulai terkenal melalui Auto-ID Center di MIT. (Wikipedia)

Di Indonesia sendiri sepertinya mulai banyak orang yang tertarik untuk ikut terjun ke dalam IoT, saya sendiri juga mulai baru mempelajarinya. Seperti IoT Geek Surabaya, merupakan salah satu perkumpulan orang-orang yang ikut terjun ke dalam IoT ini. IoT Geek Surabaya merupakan sebuah grup Facebook yang menampung para Maker, Developer, Marketer, maupun yang lainnya untuk bertukar pengalaman dan informasi atau bahkan bisa untuk saling bekerja sama.

Baca juga : Grup Facebook Iot Geek Surabaya

Nah, grup ini baru saja mengadakan pertemuan para anggota yang tergabung di dalamnya, bertajuk IoT Geek Surabaya Meet Up: Mengembangkan Potensi IoT (Internet of Things) di Indonesia yang dilaksanakan pada hari Jum'at, tanggal 8 Januari 2016 kemarin. Kegiatan ini berlangsung di Gerdhu - Jl. Manyar Tirtomoyo II no. 22 mulai pukul 18.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 21.30 WIB.

IoT Geek Surabaya

Pada acara kali ini ada 3 pembicara, yaitu Achmad Sugiarto (SVP Synergi Telkom), Noor Azam (Senior Developer), dan Tiyo Avianto (Founder Cubeacon). Acara berjalan cukup lancar dan diluar dugaan, dari undangan lewat Facebook yang dibuat ternyata yang hadir sekitar 170 orang hingga banyak yang tidak mendapat tempat duduk. Terlihat banyak yang sangat antusias terhadap acara kali ini. Saya sendiri datang agak telat, sehingga juga tidak mendapat tempat duduk.

Saat presentasi, dijelaskan apa sih Internet of Things itu dan apa tujuan dari dibentukknya grup IoT Geek Surabaya. Setelah penjelasan oleh ketiga pembicara selesai dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Ada juga seorang penanya yang datang jauh-jauh dari Jombang hanya untuk menghadiri acara kali ini.

Selepas acara, saya dan teman-teman menyempatkan diri untuk berfoto bersama mas Tiyo Avianto, lulusan D4 Teknik Mekatronika PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya) pertama, yaitu Meka tahun 2006.

IoT Geek Surabaya

Keterangan pada gambar di atas dari kiri ke kanan adalah sebagai berikut:
  1. Bagoes Taufiq Brahmantio (Mekatronika 2014)
  2. Achmad Rizky (Elektronika 2012)
  3. Tiyo Avianto (Mekatronika 2006)
  4. Mohammad Yusha Ainun (Mekatronika 2014)
  5. Prisma Try Laksana (Mekatronika 2014)
  6. Salman Rijalulhaq (Mekatronika 2014)
  7. Yohanes Yohanie Fridelin Panduman (Komputer 2014)
Pengambil gambar adalah Aditya Dharmawan, Mekatronika 2009. Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.

Isikan komentar Anda dengan bijak.