16 Juli 2016

Cara Mengedit Meta Data mp3

Musik bukanlah hal yang asing bagi kita, bahkan menjadi konsumsi sehari-hari sebagai sebagai penyemangat. Dari musik inilah lahirlah lagu-lagu yang banyak beredar, pasti kalian memiliki band atau penyanyi solo idola yang sering kalian dengarkan lagunya. Untuk dapat mendengarkan lagu, kita diharuskan membeli terlebih dahulu dalam bentuk CD, DVD, maupun digital.
Cara Mengedit Meta Data mp3
Pernah kan punya lagu hasil download dan ketika kita memutarnya di hp muncul gambar ataupun judul yang tidak sesuai dengan nama filenya ? Padahal kita sudah mengganti judulnya dengan benar. Hal ini dikarenakan yang ditampilkan adalah meta data dari lagu tersebut , bukan nama file luarnya. Oleh karena itu saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengubah meta data mp3.

Cara Mengedit Meta Data mp3:

  1. Download terlebih dahulu Mp3 Tag Portable.
  2. Klik 2x pada "Mp3tag.exe"
  3. Pilih File > Add directory...
    Atau tarik lagu yang akan diubah meta datanya ke aplikasi Mp3tag.
    Cara Mengedit Meta Data mp3
  4. Pada bagian kiri terdapat kotak antara lain title, artist, album, dsb yang bisa kita ubah sesuka hati. Untuk lebih lengkapnya tarik ke kanan scrol tab di bagian bawah.
    Cara Mengedit Meta Data mp3
  5. Jika sudah selesai, blok semua lagu dan klik Save pada bagian kiri atas.
    Cara Mengedit Meta Data mp3
Sekarang coba buka lagu tersebut di hp kalian, maka judul lagu, penyanyi, dan albumnya akan berganti sesuai dengan yang kalian isikan tadi. Selamat mencoba.

Baca juga: Cara Memberi Gambar Pada Lagu